@phdthesis{digilib7240, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES CSREC (CONCEPTUAL SURVEY OF RESISTIVE ELECTRIC CIRCUIT) REPRESENTASI GRAFIK DAN VERBAL UNTUK MENGUKUR TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SMA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08690071 FILLAS TUTI PURWANINGSIH }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7240/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes CSREC (Conceptual Survey of Resistive Electric Circuit) dengan menggunakan kombinasi representasi yaitu grafik dan verbal, mengetahui sifat butir soal instrumen tes CSREC, serta mendiagnosis miskonsepsi siswa dengan menggunakan instrumen tes CSREC dalam materi Listrik Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian R \& D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik analisis data yang dilakukan pada instrumen tes CSREC dengan melihat berbagai aspek yaitu validitas isi, validitas empiris, reliabilitas soal, daya pembeda butir soal, tingkat kesukaran butir soal, dan efektivitas pengecoh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket untuk ahli materi, ahli evaluasi, serta guru Fisika SMA yang akan digunakan untuk validasi isi, dan lembar soal tes. Berdasarkan analisis hasil data sifat butir soal Instrumen Tes CSREC (Conceptual Survey of Resistive Electric Circuit) Representasi Grafik dan Verbal yang telah dikembangkan adalah semua soal telah memenuhi kriteria valid berdasarkan analisis validitas soal dimana } }