relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72417/ title: IMPLEMENTASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM UPAYA REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN PAI PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS XI DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 creator: Eva Antika, NIM.: 18104010094 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Psikologi pendidikan humanistik merupakan teori belajar yang berfokus pada cara mengenali diri sendiri. Teori ini lebih sering dikenal dengan teori memanusiakan manusia. Setelah masa pandemi berakhir, dunia pendidikan disibukan dengan rekonstruksi pembelajaran, bagaimana menerima tradisi baru tanpa meninggalkan tradisi lama, salah satunya di SMA Negeri 9 Yogyakarta, sekolah ini juga berupaya dalam menghadapi berbagai kebiasaan baru. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran psikologi pendidikan humanistik pada upaya rekonstruksi belajar pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan penyajian data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, yang diperoleh dari hasil penelitian peserta didik kelas XI dan guru PAI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi psikologi pendidikan humanistik di SMA Negeri 9 Yogykarta, yakni 1) Pembelajaran pasca pandemi covid-19 di SMA Negeri 9 Yogyakarta, mengalami problematika pada kedisiplinan peserta didik, kemampuan akademik peserta didik, penurunan motivasi serta semangat dalam pelaksanaan pembelajaran, dan penurunan keterampilan sosial. 2) Langkah-langkah guru dalam menyusun materi pembelajaran, metode dan media pembelajaran yang aktif, kreatif dan humanistik, yang dapat menunjang pembelajaran di mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) Implementasi psikologi pendidikan humanistik pasca pandemi covid-19 kelas XI di SMA Negeri 9 Yogyakarta dilaksanakan melalui pembelajaran yang bersifat menyenangakan, aktif, kreatif, bebas mengeluarkan pendapat, dan pemanfaatan teknologi yang ada. Pembelajaran menggunakan metode pembelajaran diskusi, tanya jawab, inquiry learning, dan PBL atau Problem Based Learning. date: 2025-06-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72417/1/18104010094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72417/2/18104010094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Eva Antika, NIM.: 18104010094 (2025) IMPLEMENTASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM UPAYA REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN PAI PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS XI DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.