@phdthesis{digilib72421, month = {June}, title = {ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR?AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR?AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104010046 Nafisatul Musyarofah}, year = {2025}, note = {Sri Purnami, S.Psi. M.A.}, keywords = {Metode Tahsin Hanifa, Kemampuan Membaca Al-Qur?an, Mahasiswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72421/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur?an di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Sebagai bentuk respon terhadap permasalahan tersebut, fakultas menyelenggarakan program Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur?an (PKTQ). Sejak berdirinya, pembelajaran di PKTQ menggunakan modul ajar yang disusun oleh tim PKTQ sendiri, namun tidak menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan. Hingga tahun 2023, PKTQ melakukan pembaruan kurikulum dengan menjalin kerjasama bersama lembaga Hanifa Darul Hidayah melalui penerapan metode tahsin Hanifa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan membaca Al-Qur?an mahasiswa setelah diterapkannya metode tahsin Hanifa dalam program PKTQ. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian komparatif deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta program PKTQ 2024 pada grade 1, 2, dan 3 dengan jumlah 248 mahasiswa. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu data nilai pre-test dan post-test kemampuan membaca Al-Qur?an. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik berupa uji Z paired-samples proportions tests, uji Z independent samples proportions tests dan uji One Way Anova dengan Sheffe?s Test untuk uji lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan setelah penerapan metode tahsin Hanifa pada PKTQ FITK UIN Sunan Kalijaga 2024 (Z = 13,230, p{\ensuremath{<}}0,001) dengan rincian sebagai berikut; a) Dari segi gender tidak ada perbedaan signifikan (Z = 0,912, p = 0,362). b) Dari segi kelompok prodi tidak ada perbedaan signifikan (Z = 0,069, p = 0,945). c) Dari segi grade ada perbedaan peningkatan yang signifikan (Z = 2,599, p = 0,009). d) Dari segi prodi ada perbedaan signifikan (F = 2,065, p = 0,040). e) Dari segi aspek kemampuan membaca Al-Qur?an ada perbedaan signifikan (F = 16,689, p{\ensuremath{<}}0,001).} }