<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an di\r\nkalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Sebagai\r\nbentuk respon terhadap permasalahan tersebut, fakultas menyelenggarakan program\r\nPengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an (PKTQ). Sejak berdirinya, pembelajaran\r\ndi PKTQ menggunakan modul ajar yang disusun oleh tim PKTQ sendiri, namun tidak\r\nmenunjukkan hasil peningkatan yang signifikan. Hingga tahun 2023, PKTQ melakukan\r\npembaruan kurikulum dengan menjalin kerjasama bersama lembaga Hanifa Darul Hidayah\r\nmelalui penerapan metode tahsin Hanifa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis\r\npeningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa setelah diterapkannya metode\r\ntahsin Hanifa dalam program PKTQ.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian ex post facto menggunakan pendekatan\r\nkuantitatif dengan tipe penelitian komparatif deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah\r\nmahasiswa peserta program PKTQ 2024 pada grade 1, 2, dan 3 dengan jumlah 248\r\nmahasiswa. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi,\r\nyaitu data nilai pre-test dan post-test kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun teknik\r\nanalisis data yang digunakan adalah teknik statistik berupa uji Z paired-samples proportions\r\ntests, uji Z independent samples proportions tests dan uji One Way Anova dengan Sheffe’s\r\nTest untuk uji lanjutan.\r\nHasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan setelah penerapan\r\nmetode tahsin Hanifa pada PKTQ FITK UIN Sunan Kalijaga 2024 (Z = 13,230, p<0,001)\r\ndengan rincian sebagai berikut; a) Dari segi gender tidak ada perbedaan signifikan (Z =\r\n0,912, p = 0,362). b) Dari segi kelompok prodi tidak ada perbedaan signifikan (Z = 0,069, p\r\n= 0,945). c) Dari segi grade ada perbedaan peningkatan yang signifikan (Z = 2,599, p =\r\n0,009). d) Dari segi prodi ada perbedaan signifikan (F = 2,065, p = 0,040). e) Dari segi\r\naspek kemampuan membaca Al-Qur’an ada perbedaan signifikan (F = 16,689, p<0,001)."^^ . "2025-06-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104010046"^^ . "Nafisatul Musyarofah"^^ . "NIM.: 21104010046 Nafisatul Musyarofah"^^ . . . . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Text)"^^ . . . . . "21104010046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72421 \n\nANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA SETELAH PENERAPAN METODE TAHSIN HANIFA PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2024\n\n" . "text/html" . . . "371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran" . .