TY - THES N1 - Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd. Si., M.Pd. Si ID - digilib72424 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72424/ A1 - Endah Susilowati, NIM.: 21104040032 Y1 - 2025/07/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan instrumen literasi matematis elemen bilangan kelas X, (2) menganalisis kualitas instrumen tes literasi matematis elemen bilangan kelas X, dan (3) menganalisis karakteristik butir tes literasi matematis elemen bilangan kelas X. Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen tes literasi matematis elemen bilangan kelas X yang terbukti valid secara isi, valid secara konstruk, dan reliabel secara konstruk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan tes yang terdiri dari: (1) Overall plan, (2) content definition, (3) test specifications, (4) item development, (5) tes design and assembly, (6) test production, (7) test administration, (8) scoring test responses, (9) passing/cut scores, (10) test score report. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 195 peserta didik kelas X di salah satu sekolah di Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yaitu instrumen literasi matematis dan lembar validasi instrumen. Teknik analisis data terdiri dari analisis validitas isi oleh ahli menggunakan kriteria validitas indeks Aiken, analisis validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), reliabilitas konstruk menggunakan Construct Reliability (CR), analisis karakteristik butir menggunakan teori respon butir model PCM, dan analisis kemampuan literasi matematis peserta didik berdasarkan hasil estimasi pola respon peserta didik yang diperoleh melalui analisis PCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konstruksi instrumen tes berjumlah delapan butir mencakup materi barisan dan deret (aritmetika dan geometri) dan bilangan berpangkat. Seluruh butir valid secara isi dengan nilai Aiken >0,80. Delapan butir tes literasi matematis valid secara konstruksinya dengan nilai SLF?0,45 dan reliabel secara konstruksinya dengan CR=0,75. Tingkat kesulitan soal berada pada kategori baik dengan nilai PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Elemen Bilangan KW - Literasi Matematis KW - Teori Respon Butir M1 - skripsi TI - ANALISIS KARAKTERISTIK BUTIR TES LITERASI MATEMATIS ELEMEN BILANGAN KELAS X MENGGUNAKAN TEORI RESPON BUTIR AV - restricted EP - 235 ER -