TY - THES N1 - Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si. ID - digilib72425 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72425/ A1 - Jasmine Nurul Izzah, NIM.: 21104040038 Y1 - 2025/07/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis konstruksi literasi matematis elemen aljabar kelas VII, 2) menganalisis kualitas instrumen tes literasi matematis elemen aljabar kelas VII, dan 3) mengetahui karakteristik butir soal pada instrumen tes literasi matematis elemen aljabar kelas VII. Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen tes literasi matematis elemen aljabar kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan memodifikasi langkah-langkah pengembangan tes menurut Downing & Haladyna, yaitu 1) overall plan, 2) content definition/domain definition and claims statements, 3) test/content spesifications, 4) item development, 5) test design and assembly, 6) test production, 7) test administration, 8) scoring test responses, 9) passing/cut scores, dan 10) test score reports. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 179 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi dan lembar soal kemampuan literasi matematis. Teknis analisis data meliputi uji validitas isi dengan menggunakan kriteria indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan uji Confirmatory Factor Analysis (CFA), reliabilitas konstruk dengan formula Construct Reliability (CR), analisis karakteristik butir dan person menggunakan IRT model PCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konstruksi terdapat 8 butir soal literasi matematis pada elemen aljabar kelas VII. Seluruh butir valid secara isi dengan nilai V >0,80, valid secara konstruk (SLF ? 0,45) dan reliabel secara konstruk ( PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Elemen Aljabar KW - Literasi Matematis KW - Teori Respon Butir M1 - skripsi TI - PENERAPAN TEORI RESPON BUTIR DALAM PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS ELEMEN ALJABAR KELAS VII SMP/MTS AV - restricted EP - 246 ER -