eprintid: 72425 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/24/25 datestamp: 2025-08-20 03:16:22 lastmod: 2025-08-20 03:16:22 status_changed: 2025-08-20 03:16:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Jasmine Nurul Izzah, NIM.: 21104040038 title: PENERAPAN TEORI RESPON BUTIR DALAM PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS ELEMEN ALJABAR KELAS VII SMP/MTS ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Elemen Aljabar, Literasi Matematis, Teori Respon Butir note: Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis konstruksi literasi matematis elemen aljabar kelas VII, 2) menganalisis kualitas instrumen tes literasi matematis elemen aljabar kelas VII, dan 3) mengetahui karakteristik butir soal pada instrumen tes literasi matematis elemen aljabar kelas VII. Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen tes literasi matematis elemen aljabar kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan memodifikasi langkah-langkah pengembangan tes menurut Downing & Haladyna, yaitu 1) overall plan, 2) content definition/domain definition and claims statements, 3) test/content spesifications, 4) item development, 5) test design and assembly, 6) test production, 7) test administration, 8) scoring test responses, 9) passing/cut scores, dan 10) test score reports. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 179 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi dan lembar soal kemampuan literasi matematis. Teknis analisis data meliputi uji validitas isi dengan menggunakan kriteria indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan uji Confirmatory Factor Analysis (CFA), reliabilitas konstruk dengan formula Construct Reliability (CR), analisis karakteristik butir dan person menggunakan IRT model PCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konstruksi terdapat 8 butir soal literasi matematis pada elemen aljabar kelas VII. Seluruh butir valid secara isi dengan nilai V >0,80, valid secara konstruk (SLF ≥ 0,45) dan reliabel secara konstruk ( date: 2025-07-28 date_type: published pages: 246 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Jasmine Nurul Izzah, NIM.: 21104040038 (2025) PENERAPAN TEORI RESPON BUTIR DALAM PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS ELEMEN ALJABAR KELAS VII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72425/1/21104040038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72425/2/21104040038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf