%0 Thesis %9 Skripsi %A Aida Nurhasanah, NIM.: 21104040058 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72426 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Aplikasi Pembelajaran, Smart Apps Creator (SAC), Computational Thinking, Minat Belajar, Statistika %P 229 %T PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MEMFASILITASI COMPUTATIONAL THINKING SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72426/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika berbantuan Smart Apps Creator (SAC) untuk memfasilitasi computational thinking dan minat belajar siswa pada materi statistika. Latar belakang penelitian ini belum terbiasa menggunakan computational thinking dan rendahnya minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan kecenderungan siswa lebih mengandalkan hafalan, mencari jawaban cepat, kurang aktif dalam pembelajaran, tertidur di kelas, serta adanya pernyataan ketidaksukaan terhadap matematika, pernyataan siswa ketidaksukaan matematika . Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa kelas VII MTs N 4 Mukomuko. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket respon, angket minat belajar, dan tes computational thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor ahli media sebesar 2,90 dan ahli materi sebesar 2,91 yang termasuk dalam kategori “cukup baik”. Kepraktisan aplikasi berdasarkan angket respon guru dan siswa keseluruhan memperoleh rata-rata skor sebesar 2,80 “cukup Baik”. Keefektifan ditunjukkan oleh nilai rata-rata post-test siswa sebesar 75 dengan tingkat tuntas sebesar 73,08%, serta nilai rata-rata angket minat belajar siswa sebesar 2,85 “baik”. Dengan demikian, aplikasi pembelajaran berbantuan Smart Apps Creator dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi computational thinking dan minat belajar siswa pada materi statistika %Z Iqbal Ramadani, M.Pd.