%A NIM.: 21104080044 Khairurrazikin %O Dr. Nur Hidayat, M.Ag. %T PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN %X Interaksi merupakan suatu proses saling memengaruhi, dimana suatu kelompok terpengaruh oleh respons atau reaksi pihak lain, sehingga tindakan mereka juga berdampak pada perilaku orang lain. Teman sebaya sangat berperan penting dalam kehidupan siswa terutama pada masa sekolah dasar. Pengaruh teman sebaya dapat berdampak baik atau buruk bagi siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPAS di kelas V di SDIT Salsabila Al-Muthi’in. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V A di SDIT Salsabila Al-Muthi’in. Jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meilputi : Interaksi teman sebaya yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan kepada peserta didik, sedangkan hasil belajar diambil dari ulangan harian siswa dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A yang berjumlah 30 orang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Namun, karena dua siswa tidak hadir saat pengumpulan data, maka jumlah responden yang dianalisis adalah sebanyak 28 siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : dengan pengujian hipotesis dikatakan memiliki hubungan yang signifikan jika hipotesis alternatif (Ha) memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk variabel interaksi teman sebaya dan dokumentasi nilai ulangan harian IPAS selama 1 semester (Ganjil) untuk variabel hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, dan regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPAS, dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05. Koefisien regresi sebesar -0,224 menunjukkan arah pengaruh negatif, yang berarti bahwa interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap penurunan hasil belajar IPAS apabila interaksinya tidak mendukung kegiatan belajar. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,180 mengindikasikan bahwa interaksi teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 18,0% terhadap hasil belajar IPAS, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. %K Interaksi Teman sebaya, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72427