eprintid: 72429 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/24/29 datestamp: 2025-08-20 03:41:39 lastmod: 2025-08-20 03:41:39 status_changed: 2025-08-20 03:41:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Moh Arif Nurmuzib, NIM.: 23204021014 title: PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ISTIMA’ AL-AKHBAR MELALUI TBLT (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) DI PRODI PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Evaluasi Pembelajaran, Task-Based Language Teaching, Istima’ al-Akhbar note: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag. M.Ag abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh; 1) rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami berita berbahasa Arab yang disampaikan oleh penutur asli dalam mata kuliah Istima‘ al-Akhbār, 2) pemanfaatan e-learning resmi UIN Sunan Kalijaga sebagai media evaluasi pembelajaran Istima‘ al-Akbar masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menyusun media evaluasi pembelajaran Istima’ al-Akbar melalui TBLT berbasis Content Management System (CMS), 2) untuk mengukur kelayakan pengembangan evaluasi pembelajaran aktivitas latihan interaktif yang dirancang untuk melatih keterampilan menyimak berita bahasa Arab, 2) hasil penilaian validasi kelayakan diperoleh skor 80,4% dari ahli materi dan 96,88% dari ahli media, yang termasuk kategori ―baik‖ dan ―sangat layak‖, serta mendapatkan respon positif dari mahasiswa, dan, 3) uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan terhadap keterampilan menyimak mahasiswa, dengan nilai signifikansi paired sample t-test sebesar 0,001 (< 0,05), serta nilai N-Gain sebesar 0,4991 atau 49,91%, yang termasuk dalam kategori "sedang–efektif" Istima‘ al-Akbar melalui TBLT berbasis CMS, dan 3) untuk menguji efektivitas dan respon penggunaan evaluasi pembelajaran Istima’ al-Akbar melalui TBLT berbasis CMS (Content Management System). Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data diperoleh melalui wawancara, angket, dokumentasi dan tes (pretest-posttest) terhadap subjek penelitian mahasiswa semester strata satu semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Analisis data angka dilakukan dengan uji statistik SPSS, yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk berupa media evaluasi pembelajaran Istima’ al-Akbar melalui TBLT berbasis CMS (Content Management System), yang memuat tiga tahapan aktivitas, yaitu, pre-task, task cycle, dan focus language, setiap aktivitas terdapat berbagai tugas dan date: 2025-07-31 date_type: published pages: 318 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Moh Arif Nurmuzib, NIM.: 23204021014 (2025) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ISTIMA’ AL-AKHBAR MELALUI TBLT (TASK BASED LANGUAGE TEACHING) BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) DI PRODI PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72429/1/23204021014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72429/2/23204021014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf