relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72500/ title: METODE DAKWAH PENYULUH AGAMA MELALUI SOCIOPRENEUR: STUDI DI DESA GETASANYAR, MAGETAN, JAWA TIMUR creator: Almas An Nayifa, NIM.: 21102030006 subject: 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam subject: Metode Dakwah description: Indonesia pada tahun 2024 masih mengahadapi persoalan kemiskinan. Kemiskinan bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementrian Sosial. Agamawan juga diharapkan mempunyai kontribusi dalam pembangunan, khususnya untuk menurunkan kemiskinan melalui dakwah. Penyuluh agama memiliki peran strategis dalam membimbing masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat produktif dan inovatif. Namun, profesi ini belum menunjukan kontribusi yang nyata. Profesi ini dianggap baru melakukan aktivitas dakwah konvensional berupa dakwah bil lisan. Meskipun ada penyuluh agama yang telah melakukkan dakwah bil hal. Namun, tidak banyak melakukan peran-perannya dalam melakukan dakwah bil hal. Padahal dakwah bil hal itu penting. Di Desa Getasanyar, Magetan, Jawa Timur ada penyuluh agama yang mampu melakukan transformasi model metode dakwah dengan kegiatan sociopreneur yang diciptakan sehingga terjadi pemberdayaan didalamnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji apa saja metode dakwah penyuluh agama dan bagaimana tahapan dakwah sociopreneur yang diciptakan, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah penyuluh agama melalui sociopreneur di Desa Getasanyar. Teori yang digunakan meliputi tahapan dakwah menurut Ace Partadireja. Tahap pemberdayaaan menurut Randy R Wrihatnolo serta David L Copperider tentang Apreciative Inquiry. Jay Barney mengenai keberhasilan dan kegagalan. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan case study. Sumber data yang digunakan untuk mencari informasi yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dakwah yang digunakan oleh penyuluh agama di Desa Getasanyar yaitu bil lisan dan bil hal dengan aspek keagamaan dan pemberdayaan melalui sociopreneur, tahapan dakwah melalui sociopreneur menggunakan penyadaran, motivasi jama’ah, pemberian contoh inovasi usaha, praktek pemberdayaan masyarakat, pembinaan dan pelatihan dengan pihak terkait, serta evaluasi program. Faktor pendukung dakwah sociopreneur yaitu mad’u yang kooperatif, alam dan lingkungan, dukungan dari pihak terkait, sosial media yang membantu dakwah. faktor penghambat yaitu geografis desa, serta musim dan mata pencaharian. date: 2025-05-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72500/1/21102030006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72500/2/21102030006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Almas An Nayifa, NIM.: 21102030006 (2025) METODE DAKWAH PENYULUH AGAMA MELALUI SOCIOPRENEUR: STUDI DI DESA GETASANYAR, MAGETAN, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.