eprintid: 72574 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/07/25/74 datestamp: 2025-09-12 03:31:16 lastmod: 2025-09-12 03:41:13 status_changed: 2025-09-12 03:31:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Ngaisah, NIM.: 91411742 title: UPAYA MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Motivasi Belajar, Musyawarah Madrasah, Pondok Pesantren Lirboyo note: Drs. H.A. Janan Asifuddin, MA. - Digitalisasi abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran organisasi internal madrasah dalam mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan motivasi belajar siswa di lingkungan pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien (M3HM) dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, mengidentifikasi bentuk upaya yang ditempuh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi-ien, serta mendeskripsikan hasil yang dicapai dari upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik nonstatistik berpola induktif dan deduktif, serta data kuantitatif yang dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana. Subjek penelitian meliputi kyai, pengurus majelis, guru, dan siswa, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa M3HM menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti musyawarah rutin, Jam’iyah Nahdliyah, penerbitan majalah dinding, serta program kesiswaan lainnya yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan angket, kegiatan musyawarah memberikan pengaruh dalam memperdalam pemahaman materi (42,4%), membantu pemecahan kesulitan belajar (40,0%), dan mendorong kreativitas (17,6%). Selain itu, 54,1% siswa menyatakan kegiatan musyawarah mendorong peningkatan prestasi, sementara 60,0% menyatakan memperoleh pengalaman baru. Secara keseluruhan, usaha M3HM terbukti berhasil mendorong motivasi belajar, ditunjukkan dengan capaian siswa teladan yang mayoritas berasal dari anggota aktif M3HM. date: 1996-08-26 date_type: published pages: 121 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ngaisah, NIM.: 91411742 (1996) UPAYA MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72574/1/91411742_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72574/2/91411742_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf