eprintid: 72599 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/25/99 datestamp: 2025-09-08 07:04:49 lastmod: 2025-09-08 07:04:49 status_changed: 2025-09-08 07:04:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Sayidatul Husna Panjaitan, NIM.: 21104010003 title: PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN PAI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Artificial Intelligence (AI); kemandirian belajar; siswa. note: Indriyani Ma’rifah, M. Pd. I. abstract: Penelitian berangkat dari fenomena dekadensi kemandirian belajar pada siswa akibat penggunaan AI. Hal ini ditandai dengan dampak negatif seperti kecanduan dalam penggunaan AI, malas berpikir kritis, serta plagiarisme. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan AI dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, di mana AI menjadi ide baru dalam menciptakan pengalaman belajar personal dan menyenangkan. Namun, AI tentu dapat memunculkan kekhawatiran terhadap kemandirian belajar siswa jika tidak digunakan dengan semestinya. Terlebih dalam pembelajaran PAI yang menuntut keakuratan sumber. Dengan visi SMA N 8 Yogyakarta yaitu mampu bersaing di tingkat global dan berwawasan IPTEK, menjadikan AI sebagai suatu hal yang tidak asing. Maka dari itu, dengan fenomena tersebut di atas, penelitian ini hadir untuk 1) Mendeskripsikan penggunaan AI dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA N 8 Yogyakarta. 2) Menganalisis implikasi penggunaan AI dalam pembelajaran PAI terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMA N 8 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau penelitian lapangan (field research), dan teknik analisis deskriptif analitik. Data penelitian dikumpulkan melalui proses observasi terkait penggunaan AI serta implikasinya terhadap kemandirian belajar siswa, wawancara terkait implikasi penggunaan AI dalam pembelajaran PAI terhadap kemandirian belajar siswa, serta dokumentasi terkait penggunaan AI dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA N 8 Yogyakarta pada mata pelajaran PAI. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X dan guru PAI kelas X di SMA N 8 Yogyakarta. Teknik analisis data berdasarkan model analisis data Miles dan Hubermen, dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, peneliti mengambil data dari berbagai sumber. Reduksi data, yaitu peneliti menyaring data penting. Penyajian data, yaitu peneliti menampilkan data secara sistematis. Penarikan kesimpulan, yaitu peneliti menafsirkan data hasil penelitian. Penelitian ini mengungkap bahwa 1) Penggunaan AI dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA N 8 Yogyakarta yaitu sebagai media pembelajaran dalam bentuk game based learning, membuat serta menyajikan materi dengan situs web AI, membantu pembuatan PPT dan poster, serta sebagai chatbot atau teman diskusi virtual bagi penggunanya. 2) Dengan penggunaan AI dalam pembelajaran PAI, siswa mampu menumbuhkan sikap percaya diri dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, siswa aktif dalam belajar secara mandiri atau tidak bergantung pada orang lain, siswa dapat menggunakan AI secara bijak, tidak bergantung sepenuhnya, mengikuti aturan dan bertanggung jawab pada penggunaan AI dalam pembelajaran PAI, serta AI dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar PAI. date: 2025-06-05 date_type: published pages: 232 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sayidatul Husna Panjaitan, NIM.: 21104010003 (2025) PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN PAI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72599/1/21104010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72599/2/21104010003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf