%0 Thesis %9 Skripsi %A Syafira Meliana, NIM.: 19104030027 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72601 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K strategi guru; pembelajaran sentra; anak usia dini %P 148 %T STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN SENTRA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KUSUMA MULIA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72601/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi guru dalam pembelajaran sentra di Pendidikan Anak Usia Dini karena model pembelajaran sentra telah mencakup semua segala aspek perkembangan dan pertumbuhan untuk anak usia dini. Penelitian bertujuan : (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran sentra Pendidikan Anak Usia Dini di Kusuma Mulia Yogyakarta (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya di Kusuma Mulia Yogyakarta. Pembelajaran sentra merupakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik, menekankan pada eksplorasi dan pengalaman belajar aktif melalui berbagai area bermain yang terstruktur. Penelitian ini dilakukan di TPA-KB-RA Kusuma Mulia Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunaka metode deskriptif. Subjek penelitian ialah guru kelas dengan cara pengumpulan data melalui, pengamatan (observasi), wawancara (tanya jawab kepada narasumber), dan menganalisis dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa : guru di TPA-KB-RA Kusuma Mulia Yogyakarta telah menerapkan strategi pembelajaran sentra dengan cukup efektif. Strategi tersebut meliputi perencanaan kegiatan tematik, rotasi anak di berbagai sentra (seperti sentra balok,sentra imtaq, sentra persiapan(calistung), seni, dan main peran) serta observasi perkembangan peserta didik sebagai dasar evaluasi. Faktor pendukung pelaksaan strategi guru mencakup tersedianya fasilitas sentra, dukungan dari kepala sekolah, pelatihan guru, dan keterlibatan orangtua. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan waktu, serta guru yang kurang berkompeten. Kesimpulannya, strategi guru dalam pembelajaran sentra di Kusuma Mulia Yogyakarta telah menerapkan pembelajaran sentra sesuai dengan perencanaan kegiatan harian berdsarkan tema, pelaksaan strategi dalam pembelajaran sentra, serta evaluasi dan penguatan individu, meskipun menghadapi tantangan. Diperlukan peningkatan sarana, pelatihan berkelanjutan, serta penguatan kolaborasi dengan orangtua untuk mendukung keberhasilan pembelajaran berbasis sentra secara optimal. %Z Siti Zubaedah, M.Pd.