eprintid: 72603 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/26/03 datestamp: 2025-09-08 07:32:43 lastmod: 2025-09-08 07:32:43 status_changed: 2025-09-08 07:32:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nelly Sa’adah, NIM.: 23204081029 title: PENGEMBANGAN MATH POCKET BOOK MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD/MI ispublished: pub subjects: 371.36 subjects: 510.7 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran; pembelajaran matematika; pecaha; pemahaman konsep; motivasi belajar matematika note: Dr. Hj. Endang Sulistiyowati, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan hasil pengembangan math pocket book untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas II SD/MI, 2) Menganalisis kelayakan produk hasil pengembangan math pocket book untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SD/Mi, 3) Menganalisis efektivitas math pocket book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SD/MI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon, angket motivasi dan tes. Data pada penelitian ini dianalisis mengguakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data validasi produk oleh para ahli, penilaian produk oleh guru, dan uji efektivitas produk dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa math pocket book yang dikembangkan memiliki karakterstik yaitu: Praktis, ringkas, visual yang menarik dengan ukuran yang kecil mudah dibawa kemana-mana, dan fleksibel. Math pocket book ini dinilai layak berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi yang menunjukkan bahwa math pocket book berada pada kategori sangat valid. Selain itu hasil penilaian dari guru menunjukkan bahwa media math pocket book temasuk kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap math pocket book sangat positif dengan tingkat kemenarikan mencapai 97,33%. Media math pocket book terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa sebagaimana ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest yang signifikan. Hasil analisis dari pretest pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai rata-rata 67,3% meningkat pada posttest menjadi 87,2%. Sedangkan hasil analisis dari pretest motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata 38,8% meningkat pada posttest menjadi 42,2%. Hasil uji normalitas pemahaman konsep menunjukkan nilai signifikansi pretest 0,429 dan posttest 0,354, sedangkan motivasi belajar matematika menujukkan nilai signifikansi pretest 0,222 dan posttest 0,362. Karena seluruh nilai signifikan >0,05, maka H0 diterima, sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media math pocket book efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. date: 2025 date_type: published pages: 191 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nelly Sa’adah, NIM.: 23204081029 (2025) PENGEMBANGAN MATH POCKET BOOK MATERI PECAHAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72603/1/23204081029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72603/2/23204081029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf