%A NIM.: 21204021005 Asep Rahmat Fauzi %O Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SARF MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa permasalahan dalam pembelajaran ṣarf antara lain: 1. Sebanyak 10 dari 15 peserta didik belum pernah mendapatkan materi ṣarf. 2. Peserta didik terkedala dalam proses pembelajaran di dalam menentukan asal kata, terlebih untuk kata yang terdapat huruf illat. 3. Terbatasnya media pembelajaran ṣarf. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengembangkan multimedia pembelajaran ṣarf melalui pendekatan struktural pada peserta didik. 2). Mendeskripsikan efektifitas penggunaan multimedia pembelajaran ṣarf melalui pendekatan struktural pada peserta didik pondok pesantren Darussalam Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impementation dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran “Sharaf Asik”, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen tipe one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik pondok pesantren Darussalam Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Kemudian data berupa angka dianalisis menggunakan uji Normalitas, Uji Wilcoxon dan Uji N-Gain dengan bantuan aplikasi PASW (SPSS) 27,01.00 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1). Pengembangan multimedia pembelajaran ṣarf ini menghasilkan aplikasi pembelajaran ṣarf yang diberi nama “Sharaf Asik” dengan pendekatan struktural dalam menyampaikan materi. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan android. 2). Aplikasi ini efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar ṣarf peserta didik. Kefektifan ini terukur dari hasil pre-test antara 50-70 sedangkan pada hasil post-test antara 75-100. Dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan nilai signifikansi uji Wilcoxon sebesar <,001 dan hasil uji skor N-Gain dengan nilai mean sebesar 0,7803 atau 78,02% dengan tafsiran efektif. Atas dasar hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran ṣarf yang dihasilkan untuk peserta didik di Pondok Pesantren Darussalam Yogyakarta dinyatakan layak dan efektif %K pembelajaran Ṣarf; multimedia pembelajaran %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72605