eprintid: 72632 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/26/32 datestamp: 2025-09-09 03:18:08 lastmod: 2025-09-09 03:18:08 status_changed: 2025-09-09 03:18:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Rindang Ilma Lestari, NIM.: 23204081003 title: PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMAHAMAN ALUR TULISAN SISWA DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: buku pembelajaran literasi; kearifan lokal; membaca permulaan; alur tulisan. note: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I,M.Pd.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan penggunaan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan di sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui bagaimana kepraktisan pengembangan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan di sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas pengembangan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model pengembangan ADDIE: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian dan tes. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh guru dan uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test berbantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan siswa yaitu: 1) buku pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal DIY berhasil dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. 2) telah diperoleh bahan ajar yang layak untuk digunakan pada pelaksanaan pembelajaran dengan hasil respon guru terhadap kelayakan sebesar 97% yang termasuk pada kategori “sangat layak”. 3) dinyatakan efektif dalam kemampuan membaca permulaan dan pemahaman alur tulisan yang ditunjukkan oleh uji paired sample ttest dengan nilai sig 0,000< 0,05 dan sig sebesar 0,000<0,05. date: 2025-06-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: 148 thesis_type: masters thesis_name: other citation: Rindang Ilma Lestari, NIM.: 23204081003 (2025) PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMAHAMAN ALUR TULISAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72632/1/23204081003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72632/2/23204081003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf