<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-comic matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan self confidence peserta didik slow learner yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba terdiri atas dua dosen pendidikan matematika dan satu pendidik sebagai validator ahli, satu pendidik sebagai penilai kepraktisan respons pendidik, lima peserta didik slow learner sebagai penilai kepraktisan respons peserta didik, serta lima peserta didik slow learner kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar kepraktisan pendidik dan peserta didik, pretest dan posttest pemahaman konsep, serta angket self confidence. Teknik analisis data mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic tergolong sangat valid, dengan persentase antara 83,3% hingga 90%. Kepraktisan pendidik bersada dalam kategori sangat praktis dengan persentase antara 88% hingga 100%, sedangkan kepraktisan menurut peserta didik berada pada kategori praktis hingga sangat praktis dengan persentase antara 80% hingga 90%. Uji keefektifan berdasarkan hasil pretest dan posttest pemahaman konsep menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan signifikansi 0,039, disertai nilai N-Gain sebesar 0,1719 (kategori tinggi). Sementara itu, hasil prescale dan postscale angket self confidence menunjukkan signifikansi 0,042 dan seluruh skor mengalami peningkatan. Dengan demikian, e-comic yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan self confidence peserta didik slow learner"^^ . "2025-07-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104040017"^^ . "Roykhana Latifah"^^ . "NIM.: 21104040017 Roykhana Latifah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Text)"^^ . . . . . "21104040017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72637 \n\nPENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER\n\n" . "text/html" . . . "510.7 Pendidikan Matematika" . .