eprintid: 72637 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/26/37 datestamp: 2025-09-09 03:31:53 lastmod: 2025-09-09 03:31:53 status_changed: 2025-09-09 03:31:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Roykhana Latifah, NIM.: 21104040017 title: PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: e-comic; pendekatan kontekstual; pemahaman konsep; self confidence, slow learner note: Sumbaji Putranto M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-comic matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan self confidence peserta didik slow learner yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba terdiri atas dua dosen pendidikan matematika dan satu pendidik sebagai validator ahli, satu pendidik sebagai penilai kepraktisan respons pendidik, lima peserta didik slow learner sebagai penilai kepraktisan respons peserta didik, serta lima peserta didik slow learner kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar kepraktisan pendidik dan peserta didik, pretest dan posttest pemahaman konsep, serta angket self confidence. Teknik analisis data mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic tergolong sangat valid, dengan persentase antara 83,3% hingga 90%. Kepraktisan pendidik bersada dalam kategori sangat praktis dengan persentase antara 88% hingga 100%, sedangkan kepraktisan menurut peserta didik berada pada kategori praktis hingga sangat praktis dengan persentase antara 80% hingga 90%. Uji keefektifan berdasarkan hasil pretest dan posttest pemahaman konsep menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan signifikansi 0,039, disertai nilai N-Gain sebesar 0,1719 (kategori tinggi). Sementara itu, hasil prescale dan postscale angket self confidence menunjukkan signifikansi 0,042 dan seluruh skor mengalami peningkatan. Dengan demikian, e-comic yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan self confidence peserta didik slow learner date: 2025-07-09 date_type: published pages: 322 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Roykhana Latifah, NIM.: 21104040017 (2025) PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK SLOW LEARNER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72637/1/21104040017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72637/2/21104040017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf