eprintid: 72647 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/26/47 datestamp: 2025-09-09 07:01:20 lastmod: 2025-09-09 07:01:20 status_changed: 2025-09-09 07:01:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Habibah Ella Tasya, NIM.: 18104010008 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 371.9 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Inklusi, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran PAI note: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag.,M.Si abstract: Penerapan konsep pembelajaran yang ramah dengan siswa inklusi menjadi hal yang perlu terus di kembangkan khususnya dalam mata pelajaran PAI. Upaya membentuk kepribadian muslim antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus (disabilitas) tentu tidak sama, siswa berkebutuhan khusus memerlukan metode tersendiri agar ia bisa memahami, berfikir dan merespon terhadap materi yang disampaikan guru PAI. Ada sejumlah SD di Yogyakarta yang menampung siswa-siswa yang berkebutuhan khusus, salah satunya adalah SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian kali ini adalah 5 orang siswa berkebutuhan khusus (disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, dan disabilitas sensorik) Adapun metode pengumpulan data secara observasi,wawancara dan dokumentasi Sedangkan teknik Implementasi dalam penelitian ini metode Implementasi kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI menyusun perencanaan berupa modul ajar serta program kerja keagamaan yang berisi agenda kegiatan-kegiatan siswa berkebutuhan khusus dan reguler dalam hal keagamaan selama satu tahun. Proses implementasi meliputi tenaga pendidik kependidikan, kurikulum yang digunakan dan sarana prasarana untuk sekolah inklusi. Evaluasi pendidikan inklusif di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan dilaksanakan setiap enam bulan sekali sebelum penerimaan raport. hasil penerapan pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI yang dilakukan SD Taman Muda Tamansiswa tidak terlepas dari nilai luhur warisan budaya dari Ki Hajar Dewantara. Pada sekolah tersebut, siswa berkebutuhan khusus digabungkan dalam satu ruangan belajar dengan siswa yang reguler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi terkait proses pembelajaran inklusi yang diterapkan dalam pembelajaran PAI. date: 2025-08-15 date_type: published pages: 117 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Habibah Ella Tasya, NIM.: 18104010008 (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72647/1/18104010008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72647/2/18104010008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf