@phdthesis{digilib72649, month = {August}, title = {PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK ?AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BERBAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104030014 Hesti Wulandari}, year = {2025}, note = {Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.}, keywords = {Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72649/}, abstract = {Masa anak usia dini merupakan periode emas yang sangat menentukan perkembangan anak, termasuk dalam menumbuhkan motivasi belajar. Berdasarkan observasi awal di TK ?Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Berbah, ditemukan bahwa sebagian anak kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan dalam motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah orang tua wali murid, guru kelas, dan kepala sekolah di TK ?Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Berbah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini di TK ?Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Berbah sudah baik, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya antusiasme dan minat anak untuk belajar, terbentuknya rutinitas dan kedisiplinan, tumbuhnya rasa percaya diri, kemandirian, serta kebiasaan menghargai usaha dan pencapaian. Orang tua berperan sebagai pembimbing, motivator, pendidik, dan fasilitator melalui pemberian perhatian, dorongan, arahan, serta penyediaan fasilitas belajar. Faktor pendukung motivasi belajar antara lain perhatian orang tua, kerja sama antara guru dan orang tua, ketersediaan fasilitas belajar, serta lingkungan rumah yang kondusif. Sementara itu faktor penghambaat yang ditemukan yaitu kesibukan orang tua, keterbatasan ekonomi, kurangnya pemahaman orang tua mengenai metode pembelajaran anak usia dini, serta pengaruh gadget dan lingkungan sekitar} }