%0 Thesis %9 Skripsi %A Imroatus Sakinah, NIM.: 18104030077 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72651 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Loose Parts, Perkembangan Anak, Pembelajaran Anak Usia Dini %P 205 %T PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72651/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media loose parts dalam pembelajaran anak usia dini serta dampaknya terhadap peningkatan perkembangan anak usia 5–6 tahun di TKIT Salsabila Al-Muthi’in. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat perkembangan anak yang ditandai dengan kurangnya inisiatif dan orisinalitas dalam bermain dan berkarya, serta dominasi media pembelajaran konvensional yang minim ruang eksplorasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 35 anak kelompok B dan dua guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts berupa bahan-bahan alam dan benda bekas yang bersifat terbuka dan fleksibel dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak, seperti imajinasi, kemampuan pemecahan masalah, konsentrasi, kolaborasi, dan rasa percaya diri. Selain itu, ditemukan faktor pendukung seperti antusiasme anak, fleksibilitas jadwal, dan inisiatif guru dalam memanfaatkan sumber daya lokal, serta faktor penghambat berupa keterbatasan fasilitas, jumlah guru, dan ketersediaan bahan. Temuan ini menguatkan bahwa media loose parts tidak hanya berfungsi sebagai alat bermain, tetapi juga sebagai strategi pedagogis yang efektif dalam menstimulasi perkembangan anak secara menyeluruh. Penelitian ini merekomendasikan penerapan loose parts sebagai alternatif pembelajaran yang kontekstual, ekonomis, dan sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka. %Z Prof. Dr. Erni Munastiwi, M.M