%0 Thesis %9 Skripsi %A Laila Nur Aini, NIM.: 18104080030 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72652 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Menulis Permulaan, Metode Silaba, Pembelajaran %P 132 %T PENERAPAN METODE SILABA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I MIM TASKOMBANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72652/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I merupakan fondasi dalam Pendidikan dasar, namun seringkali dihadapkan pada tantangan yang beragam. Meskipun metode silaba telah terbukti efektif dalam penelitian sebelumnya, serta diterapkan di MIM Taskombang. Akan tetapi terdapat 6 siswa yang masih mengalami kesulitan menulis permulaan. berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai penerapan metode silaba pada pembelajaran menulis permulaan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode silaba dalam pembelajaran menulis permulaan, mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam penerapan metode silaba dan solusinya serta mendeskripsikan implikasi dari penerapan metode silaba pada pembelajaran menulis permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Kelas I dan 6 Siswa kelas I. peneliti dalam memperoleh data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data primer peneliti menggunakan observasi dan wawancara seta untuk data sekunder menggunakan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah keseluruhan langkah-langkah dalam metode silaba sudah diterapkan yaitu meliputi pengenalan suku kata, dirangkai menjadi kata dan kalimat sederhana. penerapan metode silaba masih teddapat faktor penghambat yaitu motorik halus siswa, memori siswa dan memahami intruksi dan terdapat Solusi yang diberikan yaitu penggunaan buku tulis 6 baris, belajar menulis secara berulan, penggunaan media yang menarik, berkoordinasi dengan orang tua, dan memberikan tambahan waktu belajar pada hari senin dan rabu. Implikasi dari penerapan metode silaba ini memberikan implikasi yang positif yaitu siswa mampu menyusun suku kata, kata dan kalimat, adanya motivasi serta semangat belajar Ketika belajar menulis dan kemampuan siswa pada pembelajaran lain juga mendapatkan dampak yang positif. %Z Nisa Syuhda, S.S., M.Hum