eprintid: 72660 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/07/26/60 datestamp: 2025-09-09 07:32:40 lastmod: 2025-09-09 07:32:40 status_changed: 2025-09-09 07:32:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023202034@uin-suka.ac.id creators_name: Alfin Aman, NIM.: 88430411 title: STUDI TENTANG PENGAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INCGRIS DI SMP MUHAMMADI YAH VIII YOGYAKARTA. ispublished: pub subjects: 480 divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: pembelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara, strategi guru, MTsN Yogyakarta II. note: Drs Moh Bakit abstract: Pembelajaran bahasa Arab di madrasah memiliki posisi strategis dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai kendala, khususnya pada aspek keterampilan berbicara (maharah kalam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II, untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta untuk mengevaluasi efektivitas strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dilaksanakan dengan menggunakan metode percakapan, tanya jawab, dan praktik langsung melalui kegiatan muhadasah. Faktor pendukung meliputi motivasi siswa, ketersediaan buku ajar, dan dukungan lingkungan madrasah, sedangkan faktor penghambat berupa keterbatasan kosakata siswa, rendahnya rasa percaya diri, serta keterbatasan waktu pembelajaran. Strategi guru untuk mengatasi kendala tersebut dilakukan melalui pemberian latihan intensif, pembiasaan percakapan sederhana, serta pemberian motivasi secara berkelanjutan. Kesimpulannya, pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di MTsN Yogyakarta II sudah berjalan dengan baik meskipun masih menghadapi beberapa hambatan. Perbaikan berkelanjutan melalui variasi metode, peningkatan kosakata, serta penguatan motivasi siswa perlu dilakukan agar kemampuan berbicara bahasa Arab semakin optimal. date: 1994-08-01 date_type: published pages: 113 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Alfin Aman, NIM.: 88430411 (1994) STUDI TENTANG PENGAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INCGRIS DI SMP MUHAMMADI YAH VIII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72660/1/88430411_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72660/2/88430411_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf