eprintid: 72661 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/07/26/61 datestamp: 2025-09-09 08:16:14 lastmod: 2025-09-09 08:16:14 status_changed: 2025-09-09 08:16:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023202034@uin-suka.ac.id creators_name: Moh.Makrus, NIM.: 8843 0562 title: A SEMANTIC STUDY OF SOME ENGLISH PREPOSITIONS ( A VIEW OF CASE CATEGORY ) ispublished: pub subjects: 480 divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: semantik, preposisi, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, analisis komparatif note: Prof. Drs. H. Muh Zein - Digitalisasi abstract: Penelitian ini membahas kajian semantik terhadap sejumlah preposisi bahasa Inggris dengan pendekatan kategori kasus. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa preposisi merupakan bagian penting dalam struktur bahasa yang sering menimbulkan kesulitan bagi pelajar bahasa Inggris, khususnya penutur bahasa Indonesia, karena adanya perbedaan makna, fungsi, dan padanan leksikal dalam kedua bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna semantik dan peran sintaktis dari preposisi bahasa Inggris yang menunjukkan makna jalur (path), sumber (source), tujuan (goal), objek (object), dan alat/ kendaraan (vehicle), serta membandingkannya dengan ekspresi padanan dalam bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan analisis induktif-komparatif. Data diambil dari berbagai literatur tata bahasa dan contoh kalimat, kemudian dianalisis berdasarkan fungsi semantik dan sintaktisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar preposisi bahasa Inggris memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, namun tidak sedikit pula yang hanya dapat diungkapkan melalui bentuk verba atau struktur kalimat yang berbeda. Selain itu, terdapat tumpang tindih makna pada sejumlah preposisi yang menimbulkan kesulitan bagi pembelajar, misalnya pada preposisi at, by, through, over, beyond, dan past. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa perbedaan sistem preposisi antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia merupakan sumber utama kesulitan bagi pelajar. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengajaran yang tepat, antara lain dengan pendekatan kontekstual, penerjemahan selektif, serta latihan komparatif agar pemahaman preposisi dapat lebih efektif. date: 1995-01-30 date_type: published pages: 139 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Moh.Makrus, NIM.: 8843 0562 (1995) A SEMANTIC STUDY OF SOME ENGLISH PREPOSITIONS ( A VIEW OF CASE CATEGORY ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72661/1/88430562_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72661/2/88430562_BAB%20II%20sampai%20BAB%20V.pdf