TY - THES N1 - Nurul Arfinanti, M.Pd. ID - digilib72669 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72669/ A1 - Nur Ikhsan Prayogo, NIM.: 18106000029 Y1 - 2025/08/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar berbasis budaya Kabupaten Kulon Progo yang valid untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Modul ajar ini memuat materi relasi dan fungsi yang ditujukan untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: Planning (perencanaan), Production (produksi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba produk dalam penilaian modul ajar melibatkan dua orang ahli, yaitu dosen pendidikan matematika. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata dari hasil penilaian ahli pada uji kevalidan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada tahap planning diperoleh analisis kebutuhan dan analisis kurikulum sebagai dasar dalam pengembangan modul ajar; (2) pada tahap production dihasilkan rancangan modul ajar beserta instrumen penilaiannya; dan (3) pada tahap evaluation modul ajar yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 135,5 dan presentase keidealan sebesar 84,69% dengan kategori ?Sangat Baik?. Dengan demikian, produk pengembangan berupa modul ajar relasi dan fungsi memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Modul Ajar KW - Budaya Lokal KW - CTL KW - Pemahaman Konsep M1 - skripsi TI - MODUL AJAR BERBASIS BUDAYA KABUPATEN KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI AV - restricted EP - 232 ER -