eprintid: 72669 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/26/69 datestamp: 2025-09-10 02:37:58 lastmod: 2025-09-10 02:37:58 status_changed: 2025-09-10 02:37:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Ikhsan Prayogo, NIM.: 18106000029 title: MODUL AJAR BERBASIS BUDAYA KABUPATEN KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Modul Ajar, Budaya Lokal, CTL, Pemahaman Konsep note: Nurul Arfinanti, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar berbasis budaya Kabupaten Kulon Progo yang valid untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Modul ajar ini memuat materi relasi dan fungsi yang ditujukan untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: Planning (perencanaan), Production (produksi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba produk dalam penilaian modul ajar melibatkan dua orang ahli, yaitu dosen pendidikan matematika. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata dari hasil penilaian ahli pada uji kevalidan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada tahap planning diperoleh analisis kebutuhan dan analisis kurikulum sebagai dasar dalam pengembangan modul ajar; (2) pada tahap production dihasilkan rancangan modul ajar beserta instrumen penilaiannya; dan (3) pada tahap evaluation modul ajar yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 135,5 dan presentase keidealan sebesar 84,69% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, produk pengembangan berupa modul ajar relasi dan fungsi memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. date: 2025-08-14 date_type: published pages: 232 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Ikhsan Prayogo, NIM.: 18106000029 (2025) MODUL AJAR BERBASIS BUDAYA KABUPATEN KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72669/1/18106000029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72669/2/18106000029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf