eprintid: 72676 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/07/26/76 datestamp: 2025-09-15 07:57:55 lastmod: 2025-09-15 07:57:55 status_changed: 2025-09-15 07:57:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Kibtiyah, NIM.: 91411905 title: METODE PENDIDIKAN AQIDAH MENURUT AL-QUR'AN (KAJIAN TERHADAP BEBERAPA AYAT) ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Aqidah, Metode Pendidikan, Al-Qur'an note: Drs. H.M. Asrori Maruf - Digitalisasi abstract: Penelitian ini merupakan kajian terhadap metode pendidikan akidah menurut Al-Qur'an, yang didasari oleh pentingnya pendidikan akidah. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab beberapa masalah pokok, di antaranya untuk mengetahui tujuan dan materi pendidikan akidah Islamiah , serta untuk mengetahui dan menelaah metode yang tepat dalam menanamkan akidah menurut beberapa ayat dalam Al-Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menganalisis dan membandingkan beberapa sumber data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan akidah adalah untuk memberikan bimbingan yang baik, menyucikan jiwa, dan meningkatkan makrifat. Materi pendidikan akidah berupa rukun iman. Adapun metode pendidikan akidah yang tepat menurut Al-Qur'an meliputi metode hikmah, mau'idzah hasanah, dan mujadalah. Selain itu, ada juga metode lain seperti metode kisah, observasi, karya wisata, dan uswatun hasanah. date: 1997-02-03 date_type: published pages: 159 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kibtiyah, NIM.: 91411905 (1997) METODE PENDIDIKAN AQIDAH MENURUT AL-QUR'AN (KAJIAN TERHADAP BEBERAPA AYAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72676/2/91411905_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72676/1/91411905_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf