%0 Thesis %9 Skripsi %A Afifatul Laily, NIM.: 19104080087 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72686 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran, Guru, Sikap Disiplin %P 168 %T KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMBINA SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS 3 MI DARUSSA’ADAH KARANGTUMPUK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72686/ %X Berbagai bentuk ketidakdisiplinan siswa masih terjadi di sekolah dasar. Komunikasi interpersonal yang efektif antara guru dan siswa diperlukan untuk membentuk dan meningkatkan sikap disiplin siswa, sehingga menumbuhkan kesadaran untuk bersikap disiplin dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal guru wali kelas dalam membina sikap disiplin siswa kelas 3 dan dampak dari komunikasi interpersonal terhadap sikap disiplin siswa kelas 3 MI Darussa’adah Karangtumpuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Darussa'adah Karangtumpuk. Informan dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas dan 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan memilah data yang diperlukan, menyajikannya dalam bentuk deskriptif, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan dua bentuk komunikasi interpersonal yang digunakan oleh guru dalam membina sikap disiplin siswa, yakni komunikasi dua orang dan komunikasi dalam kelompok kecil, yang meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan pada siswa. Hasil dari komunikasi interpersonal yang dilakukan guru menunjukkan pengaruh positif terhadap pembentukan sikap disiplin siswa. Tercermin dari kegiatan siswa yang hadir ke sekolah atau masuk kelas tepat waktu, aktif dalam pembelajaran, mengerjakan tugas secara mandiri, mengenakan seragam lengkap, dan tertib selama kegiatan pembelajaran berlangsung. %Z Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.