TY - THES N1 - Drs. H. Soeroyo, MA. - Digitalisasi ID - digilib72688 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72688/ A1 - Nanang Musafa, NIM.: 91411634 Y1 - 1997/07/21/ N2 - Skripsi ini mengkaji pendidikan agama Islam yang dilaksanakan melalui pengajian bagi para remaja anggota Pengajian Nurul Istiqomah di Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran remaja dalam masyarakat dan perlunya pendidikan agama yang relevan untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan akhlak Islami. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau materi pendidikan agama yang disampaikan dan metode pengajaran yang digunakan dalam pengajian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai proses pendidikan yang berlangsung. Subjek penelitian mencakup para pengurus dan anggota pengajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan agama yang disampaikan relevan dan sesuai dengan kebutuhan remaja, mencakup materi Tauhid, Akhlak, Fikih, dan Al-Qur'an. Metode pengajaran yang diterapkan bervariasi, termasuk metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan, yang berhasil menciptakan suasana belajar yang efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengajian Nurul Istiqomah telah berhasil menjadi sarana pendidikan agama yang efektif, membantu membentuk karakter dan spiritualitas remaja. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Islam KW - Remaja KW - Pengajian M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PARA REMAJA ANGGOTA PENGAJIAN NURUL ISTIQOMAH NOLOGATEN CATURTUNGGAL, DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 117 ER -