@phdthesis{digilib72689, month = {July}, title = {USAHA-USAHA BIMBINGAN PENYULUHAN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SIMO BOYOLALI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 88440197 Ahm. Iksanudin}, year = {1994}, note = {Drs. Roihan Achwan, M.A - Digitalisasi}, keywords = {Bimbingan dan Penyuluhan, Kenakalan Siswa, SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali, Prestasi Belajar, Pola Pikir Induktif, Pola Pikir Deduktif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72689/}, abstract = {Penelitian ini menganalisis upaya-upaya bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali. Latar belakang masalahnya adalah kenakalan remaja yang merupakan isu sosial dan pendidikan yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh Bimbingan Penyuluhan (BP) dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menanggulangi kenakalan siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode gabungan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan metode deskriptif analitik, yang menggunakan pola berpikir induktif dan deduktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di sekolah tersebut mengalami tekanan batin, meskipun tidak selalu sering. Temuan juga menunjukkan bahwa kenakalan siswa dapat mengakibatkan penurunan prestasi belajar dan bahkan tidak naik kelas. Namun, dengan adanya usaha-usaha dari guru BP, baik melalui pendekatan preventif maupun kuratif, kenakalan siswa berhasil berkurang. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah siswa yang lulus dan penurunan kasus kenakalan dari semester genap ke ganjil.} }