<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA"^^ . "Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang\r\npenting dimiliki siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun\r\nkenyataannya, pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah masih\r\ndianggap kurang melatih kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan\r\nmengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis aplikasi android untuk\r\nmemfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang layak digunakan.\r\nAplikasi dikembangkan menggunakan bantuan perangkat lunak articulate storyline\r\n3 yang memuat materi bangun ruang sisi datar untuk jenjang SMP/MTs. Model\r\npenelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahap ADDIE meliputi Analysis,\r\ndesign, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengambilan data\r\nmenggunakan lembar validasi, angket respon dan tes soal pada materi bangun ruang\r\nsisi datar. Kriteria kelayakan kualitas aplikasi ini yaitu dengan mendapat kategori\r\nminimal baik dari hasil validitas ahli media dan materi, mendapat kategori minimal\r\npraktis untuk kepraktisan penggunaan dan mendapatkan persentase kelulusan siswa\r\nminimal sebesar 61% untuk keefektifan aplikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu\r\nsebuah aplikasi pembelajaran bernama Geodex yang dapat digunakan sebagai\r\nmedia pembelajaran matematika. Aplikasi ini telah melewati penilaian validasi\r\nterkait materi dan media, uji kepraktisan penggunaan, dan uji keefektifan aplikasi.\r\nHasil dari penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan\r\nsebesar 3,5 dengan kategori baik dan hasil penilaian ahli media memeroleh nilai\r\nrata-rata keseluruhan sebesar 3,95 dengan kategori baik. Hasil kepraktisan\r\npenggunaan berdasarkan penilaian dari guru mendapatkan persentase skor sebesar\r\n94% dengan kategori sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan penggunaan\r\ndari siswa memeroleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil\r\nuji keefektifan didapatkan bahwa 20 siswa atau 65% lulus KKTP. Berdasarkan hasil\r\ntersebut disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria\r\nkelayakan terkait validitas materi dan media, kepraktisan penggunaan, dan\r\nkeefektifan aplikasi."^^ . "2025-08-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20104040061"^^ . "Akhmad Fuz Khildan"^^ . "NIM.: 20104040061 Akhmad Fuz Khildan"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Text)"^^ . . . . . "20104040061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72690 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA\n\n" . "text/html" . . . "371.33 Media Pembelajaran" . .