TY - THES N1 - Raekha Azka, M.Pd. ID - digilib72690 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72690/ A1 - Akhmad Fuz Khildan, NIM.: 20104040061 Y1 - 2025/08/14/ N2 - Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun kenyataannya, pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah masih dianggap kurang melatih kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis aplikasi android untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang layak digunakan. Aplikasi dikembangkan menggunakan bantuan perangkat lunak articulate storyline 3 yang memuat materi bangun ruang sisi datar untuk jenjang SMP/MTs. Model penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahap ADDIE meliputi Analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan tes soal pada materi bangun ruang sisi datar. Kriteria kelayakan kualitas aplikasi ini yaitu dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil validitas ahli media dan materi, mendapat kategori minimal praktis untuk kepraktisan penggunaan dan mendapatkan persentase kelulusan siswa minimal sebesar 61% untuk keefektifan aplikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi pembelajaran bernama Geodex yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Aplikasi ini telah melewati penilaian validasi terkait materi dan media, uji kepraktisan penggunaan, dan uji keefektifan aplikasi. Hasil dari penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,5 dengan kategori baik dan hasil penilaian ahli media memeroleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,95 dengan kategori baik. Hasil kepraktisan penggunaan berdasarkan penilaian dari guru mendapatkan persentase skor sebesar 94% dengan kategori sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan penggunaan dari siswa memeroleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan didapatkan bahwa 20 siswa atau 65% lulus KKTP. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan terkait validitas materi dan media, kepraktisan penggunaan, dan keefektifan aplikasi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Aplikasi Pembelajaran KW - Aplikasi Android KW - Kemampuan Berpikir Kreatif KW - Bangun Ruang Sisi Datar M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA AV - restricted EP - 179 ER -