<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025"^^ . "Pembelajaran ilmu agama dalam memahami ketentuan hukum seharihari,\r\nbanyak termaktub dalam pelajaran fikih. Penerapan pembelajaran di Ponpes\r\nAn-Nahl menggunakan beberapa metode pembelajaran, seperti : ceramah,\r\nbandongan, sorogan dan syawir. Akan tetapi saat ini sangat penting untuk\r\nmenerapkan pendekatan belajar student centered atau pembelajaran yang\r\nberpusat pada siswa. Salah satu model yang ditawarkan adalah model\r\npembelajaran Problem Based Learning (PBL). Karena dalam proses belajar\r\nmengajar tersebut keaktifan siswa sangat ditekankan sedangkan guru menjadi\r\nfasilator yang mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran”. Tujuan dari\r\npenelitian ini : 1). Untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Problem-\r\nBased Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap fikih di\r\nPondok Pesantren An Nahl Jombang. 2). Untuk mengidentifikasi tantangan dan\r\nfaktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model Problem-Based Learning\r\n(PBL) dalam pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren An Nahl Jombang.\r\nPenelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)\r\ndengan pendekatan kualitatif sebagai kerangka kerjanya. Setiap siklus terdiri dari\r\nperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode Penelitian\r\nTindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus ini diterapkan di kelas\r\n5 Diniyah pondok pesantren An Nahl Jombang. Adapun metode pengumpulan\r\ndata pada penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan keterikatan, triangulasi,\r\ndiskusi,dan Membercheck. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini\r\nadalah teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang\r\nterdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model Problem-Based\r\nLearning (PBL) dalam pembelajaran Fiqh menggunakan penelitian tindakan kelas\r\nyang dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu\r\nperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adanya peningkatan\r\nsignifikan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. nilai rata-rata\r\npartisipasi peserta didik pada siklus I adalah 72,2 dan nilai rata-rata tes sebesar\r\n72 dengan kategori cukup meningkat, pada siklus II nilai rata-rata partisipasi\r\nmencapai 88,88 dan nilai rata-rata tes memperoleh rata-rata 82 dengan kategori\r\nmeningkat, dan pada siklus III nilai rata-rata partisipasi mencapai 94,4 dan nilai tes\r\nmemperoleh rata-rata 93 dengan kategori sangat meningkat. (2) Tantangan yang\r\ndihadapi dalam penerapan metode ini yaitu referensi yang sukar dipahami,\r\nketerbatasan waktu diskusi dan belum terbiasanya keberanian berargumen dan\r\nmemunculkan ide kritis. Adapun faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi\r\nberjalannya penerapan PBL tersebut yaitu banyaknya studi kasus yang relevan,\r\ndukungan dari pihak pesantren, penilaian yang holistik dan partisipasi santri.\r\nSelain itu, hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa peserta didik\r\nmerasa lebih terlibat dan termotivasi dalam pembelajaran Fikih setelah penerapan\r\nmodel ini."^^ . "2025-08-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104010062"^^ . "Ahmad Mufki Fadlur Rohman"^^ . "NIM.: 21104010062 Ahmad Mufki Fadlur Rohman"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Text)"^^ . . . . . "21104010062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72698 \n\nIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI FIKIH DI PONDOK PESANTREN: STUDI DI PONDOK PESANTREN AN NAHL JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025\n\n" . "text/html" . . . "371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran" . .