%A NIM.: 21104040014 Adita Az-Zahra Nareswari %O Prof. Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI LITERASI MATEMATIS %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-Based Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi literasi matematis. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya literasi matematis peserta didik serta terbatasnya bahan ajar yang dapat mendorong keterlibatan aktif dan integrasi konteks kehidupan nyata dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi validator ahli untuk menilai kevalidan produk, pendidik sebagai penilai kepraktisan, serta peserta didik untuk uji keterbacaan, kepraktisan, dan efektivitas produk. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket validasi LKPD, angket kepraktisan pendidik dan peserta didik, serta tes literasi matematis. Data hasil validasi dan kepraktisan dianalisis secara deskriptif, sedangkan data pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan perhitungan N-Gain untuk mengukur peningkatan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli terhadap aspek isi, bahasa, penyajian, kegrafikan, dan kebermanfaatan dengan kategori “baik”. Kepraktisan LKPD dikategorikan “sangat baik” oleh pendidik dan “baik” oleh peserta didik, yang menunjukkan kemudahan penggunaan serta kejelasan isi dan instruksi. Efektivitas LKPD ditunjukkan melalui peningkatan signifikan hasil tes literasi matematis, dengan nilai signifikansi < 0,05 dan rata-rata N-Gain dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian, LKPD ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penggunaannya disarankan dengan memperhatikan alokasi waktu, pemanfaatan media digital, serta pemberian umpan balik yang mendukung pemahaman peserta didik. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi lebih lanjut pemanfaatan GeoGebra dalam mendukung pembelajaran visual, dinamis, dan interaktif, pengembangan konteks permasalahan, serta faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran berbasis masalah. %K LKPD, Problem-Based Learning, Literasi Matematis %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72702