TY - THES N1 - Wed Giyarti, M.Si dan Sumbaji Putranto, M.Pd. ID - digilib72703 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72703/ A1 - Eva Khusnul Aqibah, NIM.: 21104040026 Y1 - 2025/07/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Problem based learning (PBL) dengan Konteks Permainan Tradisional Yogyakarta untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Self confidence pada materi peluang yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika sebagai validator LKPD, dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika sebagai validator instrumen, serta 2 kelompok siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Sleman sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) LKPD dinyatakan valid berdasarkan skor rata-rata niali V 0,769 dengan kateogori sedang. 2) LKPD dinyatakan praktis dengan persentase 81,42% yang disertai persentase rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,93% serta persentase rata-rata hasil observasi aktivitas siswa sebesar 95,62%. 3) LKPD dinyatakan efektif berdasarkan hasil post-test kemampuan berpikir kritis dan skala self confidence. Berdasarkan uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan rata ? rata kemampuan berpikir kritis dan self confidence kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dimana hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 85,2 dan kelas kontrol sebesar 79,13, sedangkan rata-rata skor self confidence pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 63,37 dan 58,83 PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - LKPD KW - Kemampuan Berpikir Kritis KW - Self Confidence M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE AV - restricted EP - 459 ER -