eprintid: 72705 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/27/05 datestamp: 2025-09-10 07:13:39 lastmod: 2025-09-10 07:13:39 status_changed: 2025-09-10 07:13:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Iflatul Mus’Ifah, NIM.: 21104040054 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Articulate Storyline 3, Kemampuan Pemahaman Konsep, Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Kontestual note: Suparni, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik fase D yang memenuhi kriteria kelayakan valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan PPE (Planning, Production, Evaluation). Subjek uji coba produk untuk penilaian media pembelajaran interaktif ini terdiri dari tiga validator ahli materi dan ahli media, dua pendidik matematika, dan peserta didik kelas VIII MTs Negeri 3 Sleman tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon pendidik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual yang memuat materi, kuis, dan evaluasi berbasis konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Penyajian materi diawali dengan narasi kontekstual, diikuti dengan kuis interaktif, diskusi, refleksi dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid berdasarkan penilaian dari para ahli materi dan ahli media yang menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 87,67 dan 83. Praktis berdasarkan perhitungan angket oleh pendidik dan peserta didik dengan perolehan rata-rata skor sebesar 63 dan 44,78. Selain itu, ketuntasan hasil post-test kemampuan pemahaman konsep peserta didik mencapai 88% sehingga Media Pembelajaran Interaktif dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan pendekatan kontekstual pada materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik fase D telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pemebelajaran matematika. date: 2025-07-22 date_type: published pages: 209 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Iflatul Mus’Ifah, NIM.: 21104040054 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE D. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72705/1/21104040054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72705/2/21104040054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf