%A NIM.: 21104080038 Aysa Khoirul Nisa %O Dr. Luluk Mauluah, M.Si %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL %X Penggunan model pembelajaran yang kurang variatif berdampak negatif terhadap keaktifan belajar siswa. Tujuan pelaksanaan penelitian dengan model Problem Based Learning untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Grogol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan bentuk desain Non-Equivalent control group desain. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN Grogol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni kelas dengan cluster sampling, dimana kelas yang dipilih yakni kelas VA yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket keaktifan belajar, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan lembar observasi keaktifan belajar. Data diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data yang diperoleh data berdistribusi normal sehingga dilakukan uji hipotesis parametrik menggunakan uji Independent t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah rata- rata posttest lebih tinggi darpada pretest . Nilai rata- rata posttest yakni sebesar 86,73 sedangkan nilai ratarata pretest sebesar 78,34. Sedangkan uji parametrik dengan uji Independent t Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V SDN Grogol. %K Keaktifan Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning, Sekolah Dasar, Quasi Experimental %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72711