eprintid: 72711 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/27/11 datestamp: 2025-09-11 01:24:33 lastmod: 2025-09-11 01:24:33 status_changed: 2025-09-11 01:24:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Aysa Khoirul Nisa, NIM.: 21104080038 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Keaktifan Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning, Sekolah Dasar, Quasi Experimental note: Dr. Luluk Mauluah, M.Si abstract: Penggunan model pembelajaran yang kurang variatif berdampak negatif terhadap keaktifan belajar siswa. Tujuan pelaksanaan penelitian dengan model Problem Based Learning untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Grogol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan bentuk desain Non-Equivalent control group desain. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN Grogol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni kelas dengan cluster sampling, dimana kelas yang dipilih yakni kelas VA yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket keaktifan belajar, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan lembar observasi keaktifan belajar. Data diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data yang diperoleh data berdistribusi normal sehingga dilakukan uji hipotesis parametrik menggunakan uji Independent t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah rata- rata posttest lebih tinggi darpada pretest . Nilai rata- rata posttest yakni sebesar 86,73 sedangkan nilai ratarata pretest sebesar 78,34. Sedangkan uji parametrik dengan uji Independent t Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V SDN Grogol. date: 2025-07-16 date_type: published pages: 168 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aysa Khoirul Nisa, NIM.: 21104080038 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72711/1/21104080038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72711/2/21104080038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf