%0 Thesis %9 Skripsi %A Nadia Isfandiari, NIM.: 91411823 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 1997 %F digilib:72731 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Agama Islam, Kurikulum, Metode Mengajar, Taman Kanak-kanak %P 117 %T KURIKULUM DAN METODE MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENERAPAN METODENYA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72731/ %X Pendidikan agama Islam memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan kepribadian anak sejak usia dini. Skripsi ini mengkaji implementasi kurikulum dan metode mengajar Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal Perumnas Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kurikulum dan metode pengajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan Islam, khususnya di tingkat pra-sekolah, dan peran kedua komponen ini dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum Pendidikan Agama Islam yang diterapkan, menganalisis metode pengajaran yang digunakan, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis keadaan dan data yang diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, staf, guru, dan anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum dan metode mengajar yang diterapkan telah memenuhi syarat dan relevan dengan dasar-dasar pengembangan kurikulum. Implementasinya mencakup aspek-aspek seperti pengenalan Al-Qur'an dan hadits, aspek aqidah, akhlak, serta pengenalan hari-hari besar Islam. Berbagai metode mengajar, seperti metode hiwar (percakapan), amsal (perumpamaan), dan teladan, juga diterapkan untuk memudahkan pemahaman anak. Ditemukan pula bahwa pelaksanaan kurikulum dan metode ini didukung oleh motivasi dari guru dan keterlibatan orang tua %Z Drs. H. Mangun Budiyanto - Digitalisasi