%A NIM.: 91411797 Asmat %O Drs. H. Abdul Shomad, MA - Digitalisasi %T MOTIF BELAJAR DI MADRASAH SALAFIYAH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA BAGI LULUSAN SEKOLAH UMUM %X Penelitian ini mengkaji motif belajar santri lulusan sekolah umum di Madrasah Salafiyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Latar belakangnya adalah fenomena meningkatnya lulusan sekolah umum yang memilih melanjutkan studi agama di pesantren, yang menimbulkan pertanyaan mengenai motif dan faktor pendorong di balik keputusan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif-motif yang mendorong mereka, serta faktor-faktor yang memengaruhi motif tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk menganalisis secara mendalam motif belajar yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis motif utama yang mendorong santri lulusan sekolah umum: motif dorongan ekstrinsik (dari luar diri), dan motif dorongan intrinsik (dari dalam diri). Faktor-faktor yang memengaruhi motif belajar tersebut sangat beragam, meliputi lingkungan sosial, lingkungan keluarga, dan pengalaman pribadi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa motif belajar yang ada sangat kuat dan mendalam, yang menunjukkan kesadaran akan pentingnya mendalami ilmu agama sebagai bekal hidup. %K Motif Belajar, Madrasah Salafiyah, Pondok Pesantren, Lulusan Sekolah Umum %D 1997 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72732