TY - THES N1 - Drs. Maragustam S, MA - Digitalisasi ID - digilib72736 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72736/ A1 - Sulistiani, NIM.: 91411749 Y1 - 1997/03/17/ N2 - Skripsi ini mengkaji tentang sistem pendidikan dan pengajaran di KULLIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH, Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Surakarta. Latar belakangnya adalah adanya tantangan dari arus kebudayaan Barat dan pandangan bahwa pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dapat menjadi alternatif terbaik untuk membentuk dan melestarikan fitrah manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pendidikan dan pengajaran yang diterapkan, faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, serta hasil yang dicapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif non-statistik dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh staf pengajar dan guru di KULLIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan telah memenuhi syarat dan relevan dengan dasar-dasar pengembangan kurikulum. Pelaksanaan sistem pendidikan dan pengajaran ini mencakup tujuan pendidikan dan pengajaran, faktor pendidik, peserta didik, kurikulum, metode pengajaran, media pendidikan, dan sistem evaluasi. Faktor pendukung dan penghambat juga turut memengaruhi pelaksanaan pendidikan di pesantren tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem pendidikan dan pengajaran di KULLIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH telah berjalan dengan baik dan efektif. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sistem Pendidikan KW - Pengajaran KW - Kuliyyatul Mu'allimat KW - Pondok Pesantren M1 - skripsi TI - SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KULIYYATUL MU'ALLIMAT AL ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA AV - restricted EP - 96 ER -