%A NIM.: 91411686 Warsono %O Drs. H. Asrori Ma'ruf - Digitalisasi %T METODE PENGAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS YOSODIPURO PENGGING BANYUDONO BOYOLALI %X Metode pengajaran adalah salah satu faktor yang sangat dominan dalam menentukan keberhasilan suatu pengajaran. Hal inilah yang menuntut guru pengajar akidah akhlak di MTS Yosodipuro Pengging mempunyai keterampilan khusus dalam memilih metode pengajaran yang tepat sehingga proses belajar mengajar berhasil dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pengajaran, hambatan, dan pengaruh penggunaan metode pengajaran untuk mata pelajaran akidah akhlak terhadap kualitas hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui interview, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya, keberhasilan pengajaran akidah akhlak sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru pengajar, tapi metode pengajaran yang telah digunakan belum mapu meningkatkan prestasi belajar secara optimal. Dalam pelaksanannya terdapat hambatan dari sarana prasarana, lingkungan dan juga faktor kepemimpinan. %K Metode Pengajaran, Akidah Akhlak, Pendidikan Islam %D 1998 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72742