eprintid: 72742 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/07/27/42 datestamp: 2025-09-15 08:07:43 lastmod: 2025-09-15 08:07:43 status_changed: 2025-09-15 08:07:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Warsono, NIM.: 91411686 title: METODE PENGAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS YOSODIPURO PENGGING BANYUDONO BOYOLALI ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Pengajaran, Akidah Akhlak, Pendidikan Islam note: Drs. H. Asrori Ma'ruf - Digitalisasi abstract: Metode pengajaran adalah salah satu faktor yang sangat dominan dalam menentukan keberhasilan suatu pengajaran. Hal inilah yang menuntut guru pengajar akidah akhlak di MTS Yosodipuro Pengging mempunyai keterampilan khusus dalam memilih metode pengajaran yang tepat sehingga proses belajar mengajar berhasil dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pengajaran, hambatan, dan pengaruh penggunaan metode pengajaran untuk mata pelajaran akidah akhlak terhadap kualitas hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui interview, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya, keberhasilan pengajaran akidah akhlak sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru pengajar, tapi metode pengajaran yang telah digunakan belum mapu meningkatkan prestasi belajar secara optimal. Dalam pelaksanannya terdapat hambatan dari sarana prasarana, lingkungan dan juga faktor kepemimpinan. date: 1998-03-11 date_type: published pages: 102 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Warsono, NIM.: 91411686 (1998) METODE PENGAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS YOSODIPURO PENGGING BANYUDONO BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72742/1/91411686_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72742/2/91411686_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf