TY - THES N1 - Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S.Ag., M.Ag ID - digilib72756 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72756/ A1 - Idghom Mukholik, NIM.: 23204011077 Y1 - 2025/08/20/ N2 - Penanaman karakter disiplin dan religius menjadi esensi penting dalam membentuk kepribadian peserta didik yang holistik di era modern. Variasi pendekatan dan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di berbagai institusi pendidikan memunculkan pertanyaan tentang efektivitas dan implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan mengkomparasikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin dan religius di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-komparatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MA Islamic Center Bin Baz Yogyakarta dan MA Muallimin Muhamamdiyah Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah/ kepala pendidikan dan pengajaran, kepala asrama, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Subjek tersebut dipilih karena yang lebih tahu terhadap informasi data yang peneliti teliti. Penelitian ini mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis data Miles, Huberman dan Saldana (MHS) yakni dengan pengumpulan, kondensasi data, penyajian data dan verivikasi data/penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada beberapa starategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter yang memuat, menciptakan keteladanan kepada siswa, pemberian contoh, mengigatkan siswa dan memberikan pendekatan emosional kepada siswa. 2) Sedangkan Madrasah Aliyah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta menanamkan karakter disiplin dan religius melalui kerja sama dengan guru, memberikan kesadaran, dan pembiasaan ibadah. Adapun starategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter yang memuat, pendekatan individual dan pendekatan emosional. 3) Perbandingan kedua madrasah menunjukkan adanya perbedaan dalam fokus implementasi dan pendekatan institusional, namun keduanya berhasil menanamkan karakter disiplin dan religius melalui sinergi antara pembelajaran formal, pembiasaan, dan teladan. Terdapat di MA Islamic Centre Bin Baz unggul melalui sistem madrasah yang ketat dan pendekatan holistik, meskipun berisiko membuat siswa terlalu bergantung pada pengawasan. Sebaliknya, MA Muallimin Muhammadiyah unggul dengan pendekatan berbasis kesadaran dan peran aktif siswa dalam organisasi, tetapi menghadapi tantangan besar terkait keterbatasan fasilitas ibadah akibat jumlah siswa yang sangat banyak. Keduanya juga menghadapi tantangan serupa dari pengaruh globalisasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru PAI di kedua madrasah memiliki karakteristik unik yang efektif dalam membentuk karakter disiplin dan religius peserta didik sesuai dengan visi dan misi institusi masing-masing. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Guru KW - PAI KW - Karakter Disiplin KW - Karakter Religius M1 - masters TI - STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS (STUDI KOMPARASI DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA DAN MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 200 ER -