%A NIM.: 89410646 Ana Nurjanah %O Drs. HMS. Projodikoro - Digitalisasi %T PENDIDIKAN AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH V PUTERI YOGYAKARTA (Tinjauan Materi dan Metode) %X Penelitian ini mengkaji pendidikan akhlak di SMA Muhammadiyah V Puteri Yogyakarta dengan meninjau materi dan metode yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan data dikumpulkan melalui studi lapangan. Tujuan pendidikan akhlak di sekolah ini adalah untuk membentuk kepribadian muslim yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, baik secara pribadi maupun dalam bermasyarakat. Materi pendidikan akhlak mencakup akhlak terpuji (karimah) dan akhlak tercela (qabihah), yang dianggap sangat penting untuk disampaikan kepada siswa. Metode pengajaran yang diterapkan melibatkan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Penggunaan kombinasi metode ini dinilai efektif untuk menghindari kejenuhan siswa dan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik %K kehidupan keagamaan, dakwah Islamiyah, masyarakat desa, Jatirejo, Lamongan %D 1995 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72764