%0 Thesis %9 Skripsi %A Sinta Oktaviana, NIM.: 21104050022 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72771 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K etnosains; Keris Jawa; STEAM; Suhu dan Kalor %P 203 %T KAJIAN INTEGRASI ETNOSAINS KERIS JAWA DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72771/ %X Pelestarian keris mengalami banyak kendala yang bersumber dari persepsi negatif masyarakat terhadap keris dikarenakan kurangnya edukasi dan keterbatasan sumber bacaan terkait dengan keris. Berbagai macam kearifan lokal, termasuk keris masih kurang diintegrasikan ke dalam pembelajaran sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasian etnosains Keris Jawa dengan pendekatan STEAM pada materi pembelajaran fisika suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara semi terstruktur secara mendalam (in-depth interview) kepada empat ahli pembuat keris (empu) di Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan cara coding kualitatif menggunakan software NVivo dan divisualisasikan menggunakan fitur project map Nvivo. Konsep materi suhu dan kalor ditemukan terintegrasi dalam lima aspek STEAM etnosains Keris Jawa: (1) aspek science meliputi konsep konduktor logam, pemuaian bahan logam, perpindahan kalor secara konduksi dan radiasi, Suhu Curie, dan titik lebur logam; (2) aspek technology mencakup konsep konduktor dan isolator pada alat pembuatan keris, perpindahan kalor secara konduksi dan konveksi, serta pemuaian supit; (3) aspek engineering meliputi pengukuran dan skala suhu berdasarkan pengalaman empu melalui bunga api dan warna besi, titik lebur logam pada teknik pembakaran, dan Asas Black pada teknik penyepuhan; (4) aspek art mencakup konsep panas, pengukuran dan skala suhu, serta titik lebur dalam pembentukan pola pamor; (5) Aspek mathematics mencakup konsep kalor, kalor jenis, dan kapasitas kalor berdasarkan penggunaan bahan logam dan proses pembakaran. Dengan demikian, etnosains Keris Jawa dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEAM dalam materi pembelajaran fisika suhu dan kalor untuk memberikan konteks pembelajaran yang bermakna dan relevan dengan kearifan lokal. %Z Joko Purwanto, S.Si., M.Sc.