eprintid: 72779 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/27/79 datestamp: 2025-09-11 07:46:32 lastmod: 2025-09-11 07:46:32 status_changed: 2025-09-11 07:46:32 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Lulu’ Rifa’ Ngiffatin, NIM.: 18103080024 title: PRAKTIK JUAL BELI MYSTERY BOX PADA LIVE STREAMING TIKTOK SHOP TINJAUAN FATWA DSN MUI NOMOR 146/DSN-MUI/XII/2021 TENTANG ONLINE SHOP BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH ispublished: pub subjects: 297.273 subjects: jual_beli divisions: ek_syariah full_text_status: restricted keywords: buying and selling; mystery box; gharar; maysir; khiyar note: Dr. Kholid Zulfa, M.Si. abstract: Perkembangan teknologi telah melahirkan bentuk baru transaksi jual beli secara daring, salah satunya melalui fitur live streaming TikTok Shop yang kini tengah populer di kalangan masyarakat. Salah satu fenomena yang muncul adalah praktik jual beli mystery box yang merupakan jual beli kejutan, karena penjualannya berupa kotak berangka dengan isi barang yang tidak diketahui pembeli secara pasti. Sedangkan, penjual hanya memberikan informasi terkait kategori barang. Praktik ini menimbulkan kehawatiran serta kerugian terhadap pembeli karena adanya unsur ketidakjelasan terhadap objek akad. Dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan utama yaitu; pertama, mekanisme praktik jual beli mystery box pada live streaming TikTok Shop. Kedua, praktik jual beli mystery box pada live streaming TikTok Shop perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 146/DSN-MUI/XII/2021 tentang Online Shop Berdasarkan Prinsip Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan normatif-empiris. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pembeli mystery box pada live streaming TikTok Shop, serta dokumentasi digital. Kemudian menganalisisnya menggunakan teori konsep gharar dan maysir dan perspektif fatwa DSN MUI Nomor 146/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Online Shop Berdasarkan Prinsip Syariah. Analisis penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman meliputi; reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual beli mystery box pada live streaming TikTok Shop merupakan strategi pemasaran baru dilihat dari fungsi kemasan secara sosial serta jual beli yang menggabungkan unsur hiburan yang dapat menarik minat pembeli. Namun masih terdapat pelanggaran terhadap kebijakan TikTok Shop terkait produk berbasis kejutan oleh penjual sehingga menimbulkan sanksi, karena kurangnya transparansi sesuai ketentuan dan perlindungan konsumen yang lemah. Berdasarkan tinjauan fatwa DSN-MUI nomor 146/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Online Shop Berdasarkan Prinsip Syariah, pelaksanaan jual beli mystery box pada live streaming TikTok Shop tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, karena terdapat unsur penawaran yang mengelabui (tadlis dan ghisysy), spekulasi (maysir), ketidakjelasan pada barang, harga setiap barang dan waktu penyerahan (gharar), serta ketidakadilan pada harga dan tidak terpenuhinya hak khiyar ‘aib bagi pembeli terhadap ketidaksesuaian barang dengan deskripsi yang diberikan penjual. date: 2025-06-04 date_type: published pages: 160 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lulu’ Rifa’ Ngiffatin, NIM.: 18103080024 (2025) PRAKTIK JUAL BELI MYSTERY BOX PADA LIVE STREAMING TIKTOK SHOP TINJAUAN FATWA DSN MUI NOMOR 146/DSN-MUI/XII/2021 TENTANG ONLINE SHOP BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72779/1/18103080024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72779/2/18103080024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf