TY - THES ID - digilib7278 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7278/ A1 - NENI KURNIASIH , NIM. 08690045 Y1 - 2013/01/28/ N2 - Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sedang diterapkan saat ini mengharuskan guru untuk melakukan penilaian dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan perangkat performance assessment sub group work materi besaran dan satuan yang berorientasi pada life skill; 2) mengetahui kualitas perangkat performance assessment sub grop work materi besaran dan satuan yang berorientasi pada life skill; 3) mengetahui nilai rata-rata kinerja peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk setiap instrumen penilaian kinerja. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model prosedural. Prosedur dalam penelitian ini mengadaptasi pada model pengembangan 4-D (Trianto, 2011:93) yang meliputi 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pengumpulan data mengunakan lembar angket untuk menilai kualitas instrumen dan untuk menilai kinerja peserta didik digunakan lembar pengamatan. Data kualitas yang diperoleh dirubah menjadi data deskriptif kuantitatif. Sementara data hasil penilaian kinerja peserta didik dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa 1) perangkat performance assessment sub group work materi besaran dan satuan yang berorientasi pada life skill; 2) kualitas perangkat performance assessment sub group work materi besaran dan satuan yang berorientasi pada life skill menurut ahli evaluasi adalah sangat baik (SB), 81,44% untuk instrumen performance assessment sub group work, 83,38% untuk instrumen life skill bekerja sama, dan 77,75% untuk instrumen life skill akademik. 3) Nilai rata-rata kinerja peserta didik XF adalah baik (B) untuk performance assessment sub group work 2,96; life skill bekerja sama 3,00; dan life skill akademik 3,06. Nilai rata-rata kinerja peserta didik kelas XD dan XE adalah sangat baik (SB) untuk performance assessment sub group work (3,56; 3,28) dan life skill bekerja sama (3,49; 3,29). Nilai rata-rata kinerja peserta didik kelas XG adalah baik (B) untuk performance assessment sub group work 3,12 dan life skill bekerja sama 3,21. Sedangkan nilai rata-rata untuk life skill akademik peserta didik kelas XD, XE, dan XG adalah baik (B) 3,03; 2,76; dan 2,98. Kata kunci: Performance assessment, Group work, Life skill. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PERFORMANCE ASSESSMENT SUB GROUP WORK MATERI BESARAN DAN SATUAN YANG BERORIENTASI PADA LIFE SKILL AV - restricted ER -