relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72798/ title: SMARTPHONE, LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL, KONFORMITAS DAN KECURANGAN AKADEMIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KLATEN creator: Muhammad Nizar Hasan, NIM.: 21200011010 subject: 370.15 Psikologi Pendidikan description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus kecurangan akademik di kalangan siswa madrasah, yang seiring waktu semakin kompleks dengan hadirnya teknologi digital, khususnya smartphone. Kecurangan akademik tidak hanya mencerminkan rendahnya integritas peserta didik, tetapi juga menjadi tantangan serius bagi dunia pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh smartphone, locus of control eksternal, dan konformitas terhadap kecurangan akademik siswa di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 350 siswa dari MTs Negeri 1, 2, 3, dan 4 di Kabupaten Klaten, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala Likert, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dilakukan dengan analisis korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dilakukan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial ketiga variabel bebas terhadap kecurangan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, smartphone untuk tujuan yang berpotensi memfasilitasi kecurangan akademik, locus of control eksternal, dan konformitas terhadap perilaku teman sebaya yang mendukung kecurangan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan siswa melakukan kecurangan akademik. Secara parsial, ketiga variabel tersebut juga terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan. Variabel konformitas memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh smartphone dan locus of control eksternal. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,316 menunjukkan bahwa ketiga variabel mampu menjelaskan 31,6% variasi perilaku kecurangan akademik siswa, sedangkan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini. Temuan ini menunjukkan bahwa kecurangan akademik merupakan hasil dari interaksi antara faktor personal, sosial, dan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif dari pihak sekolah, guru, dan orang tua dalam memberikan pengawasan, bimbingan moral, serta edukasi tentang penggunaan teknologi secara bertanggung jawab guna meminimalisasi perilaku curang dalam lingkungan pendidikan. date: 2025-07-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72798/1/21200011010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72798/2/21200011010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Muhammad Nizar Hasan, NIM.: 21200011010 (2025) SMARTPHONE, LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL, KONFORMITAS DAN KECURANGAN AKADEMIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.